Minggu, 17 Maret 2013

4 Step Meraih Mimpi

Kamu pasti punya mimpi kan? Seberapa besar kamu menaruh rasa percaya diri akan mimpimu? Apa aja yang udah kamu rencanakan untuk mengejar mimpimu? Udah mulai melangkah? Udah berdoa?
Atau semua itu belum dilakukan ? Wah, itu namanya cuma khayalan. Kalo emang punya mimpi kenapa nggak digodok aja tuh mimpi biar mateng? Percayalah pada diri kamu. Percayalah kalo kamu bisa. Jangan cuma gara-gara kamu belum tahu cara menggapainya, kamu nyerah begitu saja di tengah jalan.(Hati-hati ketabrak). Tau gak ? Rata-rata orang sukses punya kepala batu (Baca : Keras kepala, bukan kepala yang terbuat dari batu). Istilahnya orang bilang apa ke gue, gue ya gue, elu ya elu ! Bener gak ?!

Untuk meraih mimpi, kita butuh proses. Kita tidak mungkin baru saja mulai, eh jebret langsung jadi. Itu sih hanya Allah yang bisa. Kita hanya manusia biasa. Semua perbuatan kita butuh proses. Juga butuh usaha untuk mencapai suatu tujuan. Tidak mungkin kan kita lahir tanpa proses terlebih dahulu? Meskipun kita lahir dari batu juga, pasti ada prosesnya. Kok bisa ? Bisa dong. ada batu kesambar petir, kebelah, terus keluar deh tu batu. Itu Proses bukan ??

Proses "pengolahan mimpi" itu sebenarnya mudah. Mungkin saja kamu belum tahu atau kamu belum mau tahu, tau belum ngerti, tau juga kamu tahu, mengerti tapi belum do it. Ada 4 langkah yang akan di jelaskan di sini :

DREAM
Yang pertama adalah bermimpi. Kok mimpi ? Ya iyalah, semua kesuksesan berawal dari mimpi. Kalau kita tidak bermimpi, yang mau kita capai? Dari mimpilah semua berawal (Wehh.. kaya cerita2 aja). Dari mimpilah orang sukses meraih kesuksesannya. So, tunggu apa lagi? Mari kita imajinasikan mimpi kita setinggi-tingginya. Mimpilah setinggi-tingginya. Iya, mimpilah setinggi-tingginya ! Kenapa? NOTHING'S IMPOSIBRUU . Sekali lahi NOTHING'S IMPOSISIBLE (Biar agak menekankan :D).

Alkisah, Wright bersaudara (penemu burung robot bisa terbang) bermimpi ingin bisa terbang. Dari mimpi itu ternyata mereka sanggup membuat mesin yang dapat mengangkut manusia untuk terbang. Padahal mereka tukang sepeda. Apakah  mungkin? Nggak kan? Makanya jangan dipikir pake logika. Logika tidak akan pernah sampai untuk mikir begituan. Ini ane punya kata2 yang pernah diucapkan Albert Einstein "LOGIKA WILL GET YOU FROM A TO B, BUT IMAGINATION WILL TAKE YOU EVERYWHARE".

Pernah denger orang bermimpi harus bayar? Nggak ada kan? Maka dari itu kalau kita bermimpi jangan tanggung-tanggung. Tanggung-tanggung bagaimana? Misalnya kita bercita-cita jadi guru. Jangan cuma jadi guru biasa. Kalau bisa kita jadi guru yang paham 7 bahasa. Atau kita bercita-cita jadi dokter. Jadilah dokter yang hafal Al-Qur'an dan mutqin dengan hafalannya itu.

Ini semua mumpung bermimpi itu belum dipajak. Kalau udah, kita ribet sendiri kan? Tiap hari mimpi, tiap hari bayar pajak. Nah, karna belum ada pajaknya, mari kita mimpi segila-gilanya (NB: Tapi jangan sampe gila.)

PLAN
Kalau kamu mau jadi dokter, apa yang dibutuhkan ? Wawasan tentang kedokteran, nilai IPA memuaskan, uang buat masuk universitas, atau sedikit anugrah bakat tentang kedokteran. Bener gak ? Nah, apa simpulannya? Kita harus melangkah  untuk bisa meraih mimpi kita. Tapi langkah itu tidak hanya satu atau dua langkah, bisa jadi langkah itu menjadi sepuluh atau dua puluh langkah. Langkah ini lah persiapan kita untuk mencapai mimpi kita. "Untuk mencapai suatu tujuan besar, maka tujuan itu tersebut harus dibagi-bagi menjadi tujuan kecil sampai tujuan kecil itu merupakan tujuan yang dapat dicapai berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki saat itu" (Al-Khuwarizmi).

Kita yang ingin menuju sebuah mimpi, jangan hanya berkhayal saja. Coba deh kita tentukan apa saja yang harus kita persiapkan demi memudahkan kita dalam meraih mimpi itu. Misalkan kita mau jadi ustadz, apa yang harus dilakukan? Kita tentukan terget-target kita. Kita harus hapal Al-quran di luar kepala. Atau, kita harus hafal minimal 1000 hadist nabi. Semua itu kita rencanakan agar tujuan kita tidak abstrak dan kita bisa sepenuhnya fokus pada mimpi kita.

Tujuan dari perencanaan itu  tidak lain supaya kita bisa benar-benar menguasai apa yang kita impikan. Jadi dokter misalnya. Kalau kita sudah fokus, tidak mungkin kita jadi dokter gadungan. Bukan begitu ?

Coba kita mulai pikirkan dari sekarang. Apa yang harus kita lakukan saat ini,  besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya untuk memperlancar mimpi kita. Kita harus mulai dari hari ini. untuk mencapai kesuksesan, kata "nanti" harus dilenyapkan jauh2 dari kamus kita. Orang bijak berkata "Tidak perlu bisa untuk mulai, tapi harus mulai untuk bisa!!".

DO IT !
Buat apa mimpi dan rencana jika tidak dipraktekan? Janganlah jadi penghayal tingkat dewa. berkhayal boleh, asal dari khayalan itu kita mau beranjak untuk mendapatkan apa yang kita khayalkan. Mau jadi apa kalau kita hanya berkhayal saja tanpa beranjak dari kemalasan kita? Emang berkhayal itu perlu. Tapi tidak layak jika sukses disandingkan dengan malas. Benar tidak ? Maka dari itu, ayo kita bangun dari kursi kemalasan kita dan berlarilah. Kenapa lari? Karena lari adalah lambang dari semangat yang menggebu-gebu. Jika kita bangun kemudian jalan, tandanya kita masih malas. Tapi, jika kita bangun kemudian lari, tandanya kita sudah benar-benar semangat. Benar tidak ?

Kalau kamu mau tahu, semua orang sukses itu nekat. Lah kok ? Iya, mereka tidak tahu bagaimana nasib mereka, tapi mereka mau terjun langsung ke jurang antara sukses dan gagal. Dan allhamudullilah mereka sukses. Adakah yang gagal? Tentu saja ada. Ini ane kasih sebuah rahasia ya, tapi jangan dikasih tau siapa2 "Orang yang sukses adalah mereka yang gagal namun mereka masih terus mencoba untuk terus mendapatkan kesuksesannya tersebut."

Orang yang berani memulai langkah suksesnya berarti ia mendapat modal yang besar. Apa tu ? KEBERANIAN. Meskipun ia jatuh, ia pasti bangkit dan akan loncat sejauh-jauhnya. Jadi, jangan pernah takut untuk meniti jalan kesuksesanmu. Let's Start Now !!!!!!!!!!!

DOA
Ini lah yang paling penting dalam meraih kesuksesan. Doa adalah perisai kita dari serangan yang namanya "gagal". Doa juga lambang seseorang akan kepercayaan kepada tuhannya. Akan ada sebuah kekuatan yang ikut menarik tangan kita ketika kita jatuh dan gagal. Karena Allah tahu, kita percaya padanya.

Ingat! Segala sesuatu di dunia ini tidak akan pernah luput dari takdir-Nya. Semua bergerak atas kemauan-Nya dan atas ridho-Nya. Dan dengan doa lah kita bisa mendapatkan takdir yang baik. Adapun jika kita mendapat takdir yang buruk, kita tahu Allah sedang memberikan yang terbaik untuk kita. Pasti kamu tahu perkataan ini. "Doa tanpa usah bohong, usaha tanpa doa sombong."

Semoga teman2 termotivasi dan semangat untuk meraih cita-citanya. MAN JADDA WA JADDA !!!

1 Komentar: