Senin, 22 Oktober 2012

JANGAN MOVE ON SETELAH SHALAT !!!


“Assalamu ‘alaikum warahmatullah …,” suara imam mengakhiti shalat. Begitu usai salam tidak sedikit yang langsung berebut keluar masjid. Ironisnya bukan Cuma anak-anak, banyak remaja maupun dewasa yang ikutan keluar. Kalau memang ada keperluan sebenarnya bisa dimaklumi. Namun banyak kejadian, mereka yang keluar ternyata hanya duduk-duduk di depan masjid.
Mereka melupakan amalan sunah yang sebenarnya sangat disayangkan kalau ditinggalkan. Bagaimana tuntunan Nabi Muhammad SAW. Selepas shalat?
Tuntunan Rasul SAW.
Jangan buruan pergi selepas salam! Masih ada aktivitas penting yang sangat bagus untuk dilakukan. Tidak lain adalah berzikir. Dzikir-dzikir apakah yang dicontohkan Rasulullah setelah shalat?

  1. 1.       Istighfar (Meminta Pengampunan
Dengan  megucapkan asstaghfirullah (Aku mohon ampunan kepada-Mu ya Allah) sebanyak tiga kali. Kemudian dilanjutkan dengan membaca
Allahuma antas salam wa minkas salam tabarakta dzal jalali wal ikram
“Ya Allah, Engkaulah Assalam (Yang maha tiada cacaat dan kekurangan dari segala sisi) dan keselamatanlah dari-Mu kebaikan-Mu sangat banyak Yang memiliki keagungan dan kemuliaan).” Tersebut dalam hadits riwayat Imam Muslim.

  1. 2.       Tahlil (membaca laa ilaaha illah)
Bacaan tahlil adalah sebagai berikut.
Laa ilaha illa Allah wahdahu laa syarikalahu. Lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qadiir. Laa illa Allah. Wala na’budu illa iyyahu. Lahun ni’matu wa lahul fadhlu. Walahuts tsanaul hasan. Laa ilaha illa Allah mukhlisina lahud diin walau karihal kafirun.
“(Tiada sesembahan yang hak kecuali Allah Yang Tunggal tiada sekutu bagi-Nya. Kerajaan dan pujian hanyalah milik-Nya, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah. Tiada sesembahan yang hak kecuali Allah. Dan kami tidak beribadat kecuali kepada-Nya. Nikmat dan keutamaan hanyalah milik-Nya. Begitu juga pujian yang bagus. Tiada sesembahan yang hak kecuali Allah, tetap memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam beragama walaupun kaum musyrikin begitu bencinya)”

  1. 3.       Bertasbih, tahmid dan takbir
Mengucapkan Subhanallah sebanyak 33 kali, dilanjutkan dengan membaca Allhamdullilah 33 kali dan Allahuakbar 33 kali. Kemudian digenapkan menjadi seratus dengan membaca :
Laa ilaha illa Allah wahdahu laa syarikalahu lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai qadiir

  1. 4.       Membaca almu’awwidzat,
Yakni surat An-Naas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas

  1. 5.       Membaca ayat kursi
Bacaan inilah yang dicontohkan oleh rasulullah SAW. setelah shalat kawan-kawan. Sesuatu yang dicontohkan oleh rasulullah SAW. patut bagi kita untuk menirunya. Wassalamu’alaikum :*

0 Komentar:

Posting Komentar